Selasa, 22 September 2015

Seleksi CPNS

    Seleksi adalah kegiatan dalam manajemen SDM yang dilakukan setelah proses rekrutmen selesai. Hal ini berarti telah terkumpul sejumlah pelamar yang memenuhi syarat untuk kemudian dipilih mana yang dapat ditetapkan sebagai karyawan dalam suatu perusahaan. Proses pemilihan ini yang dinamakan dengan seleksi. Proses seleksi juga sebagai sarana yang digunakan dalam memutuskan pelamar mana yang akan diterima. Prosesnya dimulai ketika pelamar melamar kerja dan diakhiri dengan keputusan penerimaan.

   Dalam hal ini perlu disadari bahwa proses seleksi karyawan baru merupakan kegiatan penting bagi perusahaan maupun bagi calon karyawan itu sendiri. Mempertahankan ataupun mengembangkan suatu sistem seleksi yang menghasilkan karyawan produktif dan mencari peluang untuk meningkatkan cara kerjanya sangat penting untuk keberhasilan perusahaan.

Berikut beberapa pengertian dari seleksi yang dikemukakan oleh para ahli :
a.       Hasibuan Malayu
Seleksi adalah suatu kegiatan pemilihan dan penentuan pelamar yang diterima atau ditolak untuk menjadi tenaga kerja dalam sebuah lembaga atau organisasi.
b.      Sony Sumarsono
Seleksi adalah sekumpulan langkah – langkah untuk memilih dan memilah tenaga kerja yang sesuai dengan persyaratan jabatan.
c.       Henry Simamora
Proses pemilihan dari sekelompok pelamar, orang atau orang – orang yang paling memenuhi kriteria seleksi untuk posisi yang tersedia berdasarkan kondisi yang ada pada saat ini yang dilakukan oleh perusahaan.

    Dewasa ini mayoritas penduduk indonesia sangat mengidamkan untuk menjadi seorang pegawai negeri sipil (PNS). Hal ini membuat saya tertarik untuk membahas tema mengenai proses seleksi menjadi seorang PNS, besar harapan dapat menambah pengetahuan dan mempersiapkan para pelamar untuk agar siap mengikuti proses seleksi CPNS.

    Profesi sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) memang menjadi idaman. Lowongan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sudah mulai ramai sejak periode 2011 – 2012. Sejak lowongan dari berbagai Departemen/Kementrian Pusat hingga Pemerintah Daerah mulai diumumkan. Ribuan pelamar di seluruh Indonesia langsung sibuk berburu lowongan yang diinginkan. Alasan – alasan yang dilontarkan oleh kebanyakan pelamar seringkali karena dengan menjadi PNS, mereka merasa aman/tidak terkena dampak krisis (meskipun negara sedang krisis gaji PNS tetap sama besarnya dan jauh dari ancaman PHK), kemudian dikarenakan jaminan di hari tua/pensiun maupun karena alasan ingin membanggakan orang tua. Ada pula yang mengatakan bahwa menjadi PNS kerjanya lebih santai daripada pegawai swasta. Apapun alasan tiap - tiap pelamar, intinya untuk bisa menjadi seorang PNS perlu melalui beberapa tahap seleksi yang cukup berat.
Tahapan – tahapan seleksi CPNS adalah sbb :
1.       Seleksi Administrasi
    Merupakan proses verifikasi berkas pelamar cpns, apakah berkas yang dimasukkan memenuhi persyaratan atau tidak
2.       Tes Kompetensi Dasar ( TKD ) à Memakai sistem CAT (Computer Assisted Test)
        Materi Tes Kompetensi Dasar yang dimaksud adalah meliputi :
a.       Tes Wawasan Kebangsaan
Untuk menilai kompetensi pelamar dalam hal penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai – nilai 4 pilar kebangsaan indonesia, yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI
b.      Tes Intelegensi Umum (TIU)
Untuk menilai kompetensi pelamar dalam hal kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan logika, serta kemampuan analisis.
c.       Tes Karakteristik Pribadi (TKP)
Untuk menilai kompetensi pelamar terkait integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, kemampuan organisasi serta bekerja sama dalam kelompok, dll.
3.       Tes Kompetensi Bidang (TKB) à Memakai sistem CAT (Computer Assisted Test)
     adalah ragam tes yang diberikan untuk mengukur kemampuan peserta tes dalam bidang formasi / Kementerian yang dilamarnya.
4.       Tes Psikotes
     adalah ragam tes yang diberikan untuk mengukur kemampuan peserta tes dalam bidang formasi / Kementerian yang dilamarnya, dimana aspek yang diukur adalah intelegensi, emosi dan sikap kerja.
5.       Tes kesehatan dan kebugaran
     Untuk memperoleh CPNS dengan kualifikasi fisik yang memadai, yaitu dengan pengujian fisik dan medical check up
6.       Tes Wawancara
     Metode tes wawancara yang digunakan pada tahap seleksi akhir ini adalah wawancara berbasis kompetensi, yang merupakan teknik wawancara yang terstruktur dan bersifat menggali untuk mencari, mengumpulkan dan menguji bukti kompotensi kandidat.

Daftar Pustaka
a. Hasibuan, Malayu, S.P. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia, edisi revisi, Cetakan ketujuh, Penerbit : Bumi Aksara, Jakarta.
b. Tb. Sjafri Mangkupriwa, Dr., Ir., Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik, Ghaia Indonesia, 2003.
c. Simamora, Henry., Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta, Penerbitan, STIE YKPN, 1995.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar