Selasa, 15 September 2015

Program Perekrutan PT. BCA

    Sumber daya manusia merupakan hal yang sangat penting dalam pencapaian tujuan perusahaan. Kelangsungan hidup perusahaan tergantung pada sejauh mana perusahaan mampu memanfaatkan peluang dan mengatasi ancaman dari lingkungan eksternal dengan segala potensi dari sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan. Sumber daya berkualitas yang tersedia merupakan kekayaan (asset) yang tidak ternilai bagi perusahaan

      Proses awal untuk bisa memperoleh sumber daya manusia adalah dengan proses rekrutmen, yang kemudian baru memasuki fase lainnya mulai dari proses-proses training sampai program pengembangan karyawan lainnya.

    Rekrutmen adalah serangkaian proses dalam penerimaan anggota baru dalam suatu organisasi atau perusahaan. Keberadaan rekrutmen diharapkan agar perusahaan memperoleh tenaga kerja yang berkualitas. Hal ini dilakukan untuk menjaga kelangsungan dari suatu perusahaan.

Menurut beberapa ahli, ada beberapa pengertian mengenai proses rekrutmen, yaitu :
a. Justine T. Sirait, rekrutmen didefinisikan sebagai mencari dan memperoleh calon – calon        karyawan potensial dalam jumlah dan kualitas yang memadai, sehingga organisasi dapat             menyeleksi orang yang paling tepat untuk mengisi pekerjaan yang dibutuhkan.1

b.  Sadili, rekrutmen adalah proses mendapatkan sejumlah calon tenaga kerja yang kualifaid         untuk jabatan atau pekerjaan tertentu dalam suatu organisasi atau perusahaan.2

c.  Handoko T. Hani, rekrutmen berkenaan dengan pencarian dan penarikan sejumlah                   karyawan potensial yang akan diseleksi untuk memenuhi kebutuhan – kebutuhan                         organisasi.3


    Dari 3 pendapat diatas mengenai proses rekrutmen, jelas terlihat semua menerangkan pentingnya memperoleh calon karyawan atau tenaga kerja yang potensial dan kualifaid dengan berbagai macam proses seleksi. Harapannya dengan keberadaan karyawan – karyawan potensial suatu perusahaan dapat mencapai kemajuan dankesuksesan.


        Manajemen PT. BCA melihat hal yang serupa mengenai proses rekrutmen. Kemajuan dan kesuksesan perusahaan merupakan tujuan besar dari setiap perusahaan, namun bila dilihat lebih sempit, pencarian karyawan bertujuan untuk mengisi jabatan atau pekerjaan yang kosong dilingkungan perusahaan.


         PT. BCA menduduki peringkat ke-3 di jajaran lembaga perbankan Indonesia. Prestasi ini tidak terlepas dari keberadaan sumber daya berkualitas yang dimiliki PT. BCA yang dari awalnya diperoleh dari proses perekrutan yang baik. PT. BCA memiliki 3 peluang kerja yang ada untuk semua jenjang pendidikan, mulai dari lulusan SMA/K, Fresh graduate sarjana, maupun sarjana berpengalaman. Dengan mempertimbangkan semakin sulitnya lulusan SMA/K untuk mendapatkan pekerjaan saat ini, membuat penulis tertarik untuk mengulas lebih lanjut mengenai peluang kerja bagi lulusan SMA/K, harapannya dapat memberi informasi lebih untuk para lulusan SMA/K mengenai peluang kerja di PT. BCA

       BCA memiliki program khusus untuk para lulusan SMA/K untuk mendapat suatu posisi pekerjaan di PT. BCA, yaitu program "Permagangan Bakti".4 Permagangan bakti kesempatan untuk para lulusan SMA untuk mempersiapkan diri menjadi tenaga profesional di dunia kerja melalui proses permagangan selama 1 tahun, yang mana akan dibekali dengan pengalaman magang di operasional perbankan. Proses perekrutan program permagangan bakti dibagi dalam 4 tahap besar, yaitu :

1. Seleksi Adminstrasi

Pada tahap ini berkas lamaran akan diperiksa kesesuaiannya dengan kriteria yang dimiliki oleh BCA.

2. Walk in interview
Interview singkat akan dilakukan untuk menggali gambaran diri kandidat
3. Psikotes
Psikotes adalah tahapan untuk memperoleh gambaran atau potert diri dari masing-masing kandidat, apakah sesuai dengan posisi yang ditawarkan.
4. Tes kesehatan
Tes kesehatan merupakan tahap terakhir dari seluruh rangkaian  proses seleksi di BCA, yang mana untuk mengetahui kesehatan jasmani dari kandidat yang ada.

Daftar Pustaka
1 Justine T. Sirait, Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi Internasional, Jakarta Mitra Wacana Media, 2007, h. 118.

2 Sadili, Manajemen Sumber Daya Manusia, h. 81

3 Handoko T. Hani, Manajemen, (togyakarta: BPFE, 2003), edisi 2, h. 240

4 BCA profile, http://www.bca.co.id/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar